Sunday, October 30, 2016

Sekilas Tentang Buku Kumpulan Hadits Ibnu Rajab

Pernah nonton fil "Ketika Cinta Bertasbih" ?

Dalam film itu sag aktor utama sering mengutip Kitab Jami'ul 'Ulum wal Hikam. Tentang apakah kitab ini ? Berikut kami berikan penjelasan sesuai yang kami tahu.

Kumpulan hadits Al-Hafidz Ibnu Rajab Rahimahullah dituangkan dalam karyanya Jami'ul 'Ulum Wal Hikam (Panduan Ilmu dan Hikmah). Kitab ini berisi 50 hadits yang beliau jabarkan penjelasannya.

Awalnya, Imam, Hafidz, dan Syaikhul Islam Taqiyuddin Abu Amr Utsman bin Musa AsySyarzuri terkenal dengan sebutan Ibnu Ash-Shalah yang wafat pada tahun 643 H, menyusun buku yang ia beri judul Al-Ahaadits Al-Kulliyah yang menghimpun haditshadits komprehensif yang dikatakan bahwa poros agama berputar di atasnya dan di atas kalimat-kalimat komplit dan singkat yang semakna dengannya. Buku tersebut memuat dua puluh enam hadits.



Kemudian faqih, imam, orang zuhud, dan orang panutan Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi atau Imam An-Nawawi yang wafat pada tahun 676 H, mengambil hadits-hadits yang disusun Ibnu Ash-Shalah, menambahkan hadits-haditsnya hingga berjumlah empat puluh dua hadits, dan menamakannya Al-Arbain. Di kemudian hari, buku Al-Arbain yang disusun Imam An-Nawawi menjadi terkenal, banyak dihapal, dan Allah membuatnya bermanfaat karena keikhlasan penyusunnya dan kebaikan maksudnya. Semoga Allah Ta'ala merahmatinya.

Kemudian Al-Hafidz Ibnu Rajab Rahimahullah menambahkan delapan hadits lain dari hadits-hadits komprehensif (Jawami'ul kalim) ke dalam buku Al-Arbain, mencakup banyak sekali ilmu dan hikmah, hingga hadits tersebut berjumlah lima puluh hadits. Setelah itu, Al-Hafidz Ibnu Rajab melakukan istikharah kepada Allah - demi memenuhi permintaan pencari ilmu - untuk menyusun buku yang mengandung syarah (penjabaran) makna-makna hadits-hadits tersebut sesuai dengan kemudahan yang diberikan Allah Ta'ala kepadanya dan menentukan kaidah hadits-hadits tersebut seperti yang dibukakan Allah kepadanya.

Di syarah-nyaini, Al-Hafidz Ibnu Rajab memahamkan hadits-hadits nabawiyah, menjelaskan kata-kata asing dan makna-maknanya, menerangkan hadits-hadits yang sejenis dengannya, menjelaskan hukum-hukumnya, fiqh dan perbedaan pendapat para ulama di dalamnya. Jadi, buku Ibnu Rajab ini termasuk buku syarah hadits terbaik yang sampai kepada kita, paling banyak urgensinva, dan paling sarat manfaatnya.


Sumber : Diambil dari Kata Pengantar Buku Panduan Ilmu dan Hikmah (Terjemahan Kitab Jami'ul 'Ulum Wal Hikam)

No comments:

Post a Comment

About Us

Recent

Random