Thursday, August 27, 2015

Hamba Ramadhan

Kondisi Hari Pertama Pasca Ramadhan :


Masjid-masjid mulai sepi pengunjung, Sholat berjama'ah mulai kehilangan peminat, Suara lantunan ayat-ayat suci Al-Quran sudah mulai tidak terdengar lagi....

Dari sinilah kita bisa menilai efek ramadhan dlm diri kita. Allah memulai ayat perintah puasa (al-baqarah ayat 183) dengan memanggil orang beriman dan mengakhirinya dengan pernyataan tujuan puasa utk membentuk pribadi taqwa pada org beriman tersebut. Karena keimanan bisa dinilai dariketaqwaan, dari kualitas amalan-amalan.



Maka, seyogyanyanya, ramadhan menjadi "Pit Stop" bagi orang-orang beriman utk melakukan reparasi pada kondisi dirinya. Membuang "komponen" yang jelek dari dirinya dan menggantinya dengan "komponen" baru yang lebih baik. Sehingga setelah ramadhan usai, kita menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.


Namun, kalau ternyata kita tidak menjadi lebih baik dan termasuk dalam golongan orang-orang yang kami sebutkan diawal tulisan ini, maka perbanyaklah doa kepada Allah agar dipertemukan dengan Ramadhan selanjutnya. Agar kita tidak meninggal sebagai Hamba Ramadhan, melainkan sebagai Hamba Allah.

No comments:

Post a Comment

About Us

Recent

Random